Tukang Batu Carport Bojonegoro – Tuban

Mengenal Batu Sikat, Manfaat Serta Teknik Pemasangannya
Sebagian besar dari Anda mungkin tidak tahu apa itu batu sikat atau batu koral sikat. Batu koral sikat atau sering disebut juga dengan ampyangan ini sering dipakai dalam proses pembuatan carport.

Carport itu sendiri adalah batu alam yang tersusun atas kumpulan dari batu-batu kerikil kecil yang dijadikan satu. Selanjutnya batu-batu tersebut akan ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga nantinya akan membentuk suatu pola gambar maupun tulisan dan motif-motif lain yang menarik untuk dilihat.

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi maka penggunaan batu sikat sebagai media pengganti keramik sangatlah pas. Karena Anda bisa menentukan dengan sendiri bagaimana pola atau gambar dari susunan batu tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk memperoleh motif-motif yang Anda inginkan tersebut Anda bisa memanfaatkan jasa pemasangan batu sikat yang telah berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu nantinya Anda akan mendapatkan motif batu koral sikat yang indah terpasang di lantai Anda. Keunggulan serta manfaat dari batu koral sikat ini tidak hanya dalam segi estetik saja, banyak manfaat serta kegunaannya yang lain. Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat-manfaat yang akan Anda dapat saat menggunakan batu koral sikat ini.

Apa Saja Manfaat yang Bisa Didapat Ketika Menggunakan Batu Sikat?

Penggunaan batu koral sikat atau yang sering disebut dengan bantu ampyangan sebagai penghias lantai memang dirasa sangat ideal. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh batu koral sikat sebagai hiasan lantai antara lain:

Seperti yang telah disebut di atas yaitu, pola dapat di sesuaikan dengan keinginan maupun selera Anda. Sehingga Anda akan lebih puas menikmati hasilnya. Bahan batu koral sikat seluruhnya terbuat dari alam asli, jadi bukan merupakan campuran dari unsur-unsur kimia maupun pewarna batu yang tidak bisa bertahan lama.
Perwatan yang cukup mudah pada batu koral ini serta saat diaplikasikan ke lantai rumah maka lantai tersebut tidak akan licin sehingga aman saat anak-anak Anda berlarian.

Halaman tampak lebih luas serta halaman tidak licin saat hujan. Sedlperti contohnya untuk area garasi luar ruangan, batu sikat digunakan sebagai penutup lantainya yang bertujuan agar kendaraan dapat menjejak dengan sempurna diatas lantai sehingga tidak mudah jatuh dan terpeleset akibat lantai yang licin saat basah.
Menambah kesan natural yang dimiliki oleh sebuah rumah dan tentunya hal tersebut akan membuat rumah Anda terlihat lebih asri dan indah. Batu sikat yang dilakukan dengan cara pemasangan yang tepat pada lantai akan memiliki kegunaan sebagai pijat refleksi bagi Anda saat melewatinya sehingga dapat membantu proses peredaran darah.

Batu koral sikat memang tidak memerlukan perawatan yang memakan banyak waktu Anda. Saat ada pasir debu maupun kotoran yang menempel di batu koral sikat Anda cukup membilasnya dengan air saja dan kotoran tersebut sudah hilang. Namun jika kotoran kotoran tersebut sudah lama dan mulai mengendap di batu koral sikat maka Anda dapat menghilangkan kotoran-kotoran tersebut dengan cara membersihkannya menggunakan deterjen, kemudian hilangkan endapan tersebut dengan cara menggosok secara perlahan.

Untuk Anda yang sehari-harinya disibukkan oleh urusan kantor dan urusan pekerjaan yang lain maka sangat disarankan untuk menggunakan batu koral sikat sebagai penghias lantai Anda. Selain karena batu koral sikat tidak membutuhkan perawatan ekstra namun juga halaman tampak lebih luas, halaman juga tidak licin akibat ditumbuhi lumut . Pemasangan batu sikat untuk lantai sekilas memang terlihat mudah. Namun Anda jangan salah, jika belum berpengalaman, sekalipun hal itu tampak mudah tapi nyatanya saat dilakukan lebih sulit dari yang dibayangkan sebelumnya.

Terlebihh dalam membuat motif-motif yang indah membutuhkan kemampuan khusus dan pengalaman serta jam terbang yang sudah tinggi. Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan jasa pemasangan batu sikat untuk hasil yang lebih maksimal. Lantas mengenai bagaimana cara pemasangan batu koral sikat ada beberapa cara yang bisa digunakan salah satunya yaitu dengan cara mencampurkan langsung batu koral sikat dengan adukan semen.
Namun cara ini biasanya diaplikasikan untuk bidang yang tegak jadi bukan untuk penggunaan lantai. Hal itu dikarenakan akan sangat membutuhkan banyak batu koral sikat. Lalu bagaimanakah cara pemasangan batu koral sikat untuk lantai? Berikut kami akan berikan ulasan mengenai cara lengkapnya.
Bagaimana Cara Pemasangan Batu Sikat untuk Lantai?

Batu koral sikat atau disebut juga dengan batu ampyang saat ini mulai menjadi primadona dan banyak digunakan untuk menambah estetika halaman dari suatu bangunan seperti villa, hotel, homestay serta juga banyak rumah-rumah yang mulai mengaplikasikan penggunaan batu koral sikat di halaman mereka.
Selain karena memang motifnya yang bisa dipilih sendiri, penggunaan batu sikat juga dapat dipadukan dengan batu-batu lain seperti batu andesit dan batu-batu yang lain. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memasang batu sikat ini. Langkah-langkah tersebut antara lain yaitu:

Persiapan terlebih dahulu desain dan medianya
Anda siapkan terlebih dahulu media yang nantinya akan ditaburi serta dipasangi batu sikat. Media yang dimaksud di sini yaitu lantai. Usahakan lantai sebelumnya sudah dilapisi oleh semen ataupun beton. Hal tersebut bertujuan agar batu sikat melekat dengan medianya. Karena semakin kasar permukaan lantai yang akan dipasang maka batu sikat juga akan terpasang dengan kuat sehingga tidak mudah copot ataupun lepas. Dan untuk memperoleh hasil maksimal serta proses pengerjaan yang cepat Anda harus sudah memiliki desain yang nantinya akan digunakan.
Jika Anda termasuk salah seorang pecinta bunga Anda bisa gunakan desain bergambar bunga melati, mawar dan lain-lain tinggal disesuaikan dengan selera Anda dan keluarga.

Siapkan Cetakan Atau Pembatas

Langkah kedua yang harus Anda lakukan yaitu siapkan pembatas serta cetakannya. Hal ini bertujuan agar motif yang nantinya Anda gunakan sesuai atau cocok dengan permukaan lantai yang hendak dipasangi batu sikat.
Agar nantinya cetakan mudah dilepas saat sudah kering maka sebelumnya Anda harus oles pembatas serta cetakan tersebut dengan oli. Serta hal itu juga bisa menghindari lengket di tangan Anda.
Buat Adukan Semen

Yang ketiga yaitu buatlah adukan semen. Untuk adukan semen ini Anda harus pastikan takarannya seimbang. Jadi Anda gunakan takaran 1 banding 3 agar hasilnya lebih maksimal. Tentunya Anda ingin batu koral tersebut melekat dengan kuat di lantai Anda bukan?

Setelah adukan semen selesai Anda buat Anda masukkan adukan semen tersebut pada cetakan yang sudah disiapkan. Masukkan semen dengan rata dan usahakan tidak ada rongga pada adukan semen tersebut karena nantinya akan digunakan untuk menempel batu sikat.
Penataan Koral
Setelah adukan semen tersebut siap diatas cetakan, langkah selanjutnya yaitu Anda letakkan batu sikat di atas adukan semen tersebut. Tatalah dengan hati-hati batu sikat sesuai dengan motif yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Pastikan batu sikat terpasang merata di atas adukan semen. selanjutnya Anda tekan secara bersamaan batu sikat tersebut menggunakan papan kayu triplek ataupun barang-barang lain yang serupa itu.
Tunggu Sampai Kering Anda tunggu beberapa saat hingga mengering jika sudah mengering Anda bisa sikat permukaan batu batu sikat tersebut menggunakan bahan sikat kawat khusus yang memang digunakan untuk batu sikat finishing.

Setelah Anda melakukan penyikatan tersebut, tahapan selanjutnya yaitu Anda bersihkan permukaan batu sikat dari kotoran-kotoran semen yang masih menempel. Caranya yaitu Anda siapkan kain lalu basahi sedikit kain tersebut dan Anda usapkan pada batu koral yang tampak kotor atau Anda juga bisa gosok secara merata ke semua permukaannya.

Lakukan Coating
Agar mendapat hasil yang lebih maksimal lagi Anda bisa melapisi batu koral sikat tersebut dengan bahan khusus yang memang disediakan untuk batu alam. Lapisan tersebut bertujuan untuk menghindari tumbuhnya lumut. Sehingga batu koral akan selalu tampak segar dan tampak basah.

Namun jika lantai yang Anda pasang batu sikat tersebut terletak di luar ruangan, maka mungkin Anda tidak perlu menggunakan proses coating ini karena lambat laun akan mengakibatkan batu sikat akan menjadi kusam akibat efek sorotan matahari yang terjadi terus-menerus.
Atau jika Anda tetap ingin melakukan coding Anda bisa menggunakan bahan yang khusus digunakan untuk area outdoor.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Pemasangan Batu Sikat Lebih Maksimal?

Pilih cuaca cerah
Selanjutnya yaitu pemasangan batu sikap untuk area eksterior rumah. upayakan proses pemasangan dilakukan saat cuaca sedang cerah dan ada cukup sinar matahari.
Pemasangan batu sikat membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentunya membutuhkan proses pengeringan yang dibantu oleh cahaya matahari. Oleh karena itu hindari memasang batu sikat saat cuaca sedang hujan.
Gunakan jasa pemasangan batu sikat.

Menggunakan batu sikat dengan ukuran yang sama merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda bisa membeli batu koral sikat di supplier maupun showroom batu alam yang tersedia di kota Anda. Anda bisa melihat dokumentasi dari batu sikat yang telah terpasang menggunakan bahan dari mereka.
Jika Anda ragu untuk melakukan pemasangan batu sikat sendiri Anda bisa gunakan jasa pemasangan batu sikat yang saat ini sudah banyak tersedia. Pemasangan batu sikat memang dibutuhkan skill yang khusus sehingga kita tidak bisa melakukannya dengan sembarangan atau hanya untuk sekedar coba-coba.

Karena hal itu tentunya akan berpengaruh pada hasil yang akan didapat. Terlebih jika ukuran batu sikat yang Anda gunakan ternyata tidak sama maka itu akan menimbulkan kebingungan pada saat pemasangan nantinya.
Namun berbeda untuk mereka yang sudah berpengalaman tentunya akan ada teknik khusus yang akan digunakan agar pemasangan batu sikat terlihat lebih indah dan natural sehingga tidak ada kesan dipaksakan.

Seperti yang diketahui bahwa batu sikat putih maupun batu sikat merah yang dipasang di luar ruangan pada akhirnya juga akan berwarna kusam akibat paparan sinar matahari serta hujan yang terjadi secara terus-menerus.
Untuk menghindari hal tersebut dan menjaga agar warna dari batu sikat tetap terjaga ada cara yang dapat Anda lakukan. Caranya yaitu ambilah air baru campur dengan cairan pembersih Anda bisa mengambil cairan pembersih nya sebanyak 5 tutup botol.

Setelah campuran selesai Anda masukkan batu koral tersebut ke dalam campuran air dan pembersih lantai rendamlah selama 1 hingga 2 jam. Jangan lupa Anda aduk dan sikat batu hingga bersih.
Setelah selesai Anda bilas batu tersebut. batu sikat memang banyak dimanfaatkan untuk area eksterior dari rumah. Untuk bagian interior kebanyakan batu sikat hanya dimanfaatkan di area kamar mandi saja hal itu untuk menghindari lantai yang licin.

Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Membeli Batu Sikat?

Batu sikat termasuk dalam jenis batu-batuan alam. saat Anda memutuskan untuk membelinya maka ada beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan agar nantinya Anda tidak salah dalam memilih batu alam. selain itu dengan pertimbangan-pertimbangan berikut ini Anda juga dapat memaksimalkan hasil yang didapat nantinya.
Berikut hal-hal yang patut untuk menjadi bahan pertimbangan saat memutuskan untuk membeli batu alam:

Perhatikan Jenis Batu yang Hendak Dibeli.

Menurut seorang ahli landscape kenamaan dunia, menyatakan bahwasanya batu alam dibedakan menjadi dua macam yaitu batu alam non solid serta batu alam solid. Untuk masing-masing jenis batu alam tersebut tentunya memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Untuk jenis batu alam solid biasanya lebih digunakan untuk area eksterior rumah. Seperti misalnya pagar lantai halaman, kolam dan sebagainya. Jenis batu alam yang satu ini lebih cenderung tahan terhadap paparan sinar matahari, hujan maupun pengaruh lingkungan yang lain.

Sedangkan untuk jenis batu alam selanjutnya yaitu batu alam non solid. Untuk jenis batu alam yang satu ini kan lebih efisien jika digunakan di area interior rumah. karena memang batu ini tidak memiliki ketahanan sebagus batu solid terhadap paparan lingkungan luar.

Sesuaikan Dengan Anggaran Anda.

Mungkin selama ini Anda berpikir harga batu alam antara satu dengan yang lain hampir sama atau tidak jauh berbeda. Namun kami tekankan tanggapan Anda tersebut salah. Karena memang antara satu jenis batu dengan batu yang lain memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan.

Harga batu alam dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dari batu tersebut. Hal ini juga berlaku pada batu sikat. Semakin solid batu tersebut maka harga yang dibanderol pada batu lu juga akan semakin mahal.
Oleh karena itu Anda harus siapkan anggaran yang yang pas sesuai dengan batu yang Anda inginkan. Atau mungkin Anda bisa memilih batu sesuai dengan anggaran yang Anda punya.

Sesuaikan dengan desain serta tema rumah Anda

Pertimbangan selanjutnya saat Anda memilih batu alam yaitu Anda harus menyesuaikan batu tersebut dengan tema maupun desain dari rumah Anda. Misalnya jika rumah Anda disini memiliki desain minimalis dan modern, maka Anda bisa memilih batu dengan tekstur yang polos.

Dengan memilih batu yang sesuai dengan desain rumah akan semakin menambah keindahan dari rumah Anda. Jika Anda kebingungan untuk menentukan jenis batu mana yang paling cocok untuk digunakan pada rumah Anda, maka Anda bisa tanyakan hal tersebut pada si penjual karena mereka lebih tahu mana jenis batu yang cocok untuk digunakan untuk semakin menunjang keindahan rumah.
Perhatikan apakah ada coating atau tidak.

Pertimbangan terakhir sebelum Anda memilih batu alam yaitu perhatikan apakah dalam proses pemasangannya melibatkan coating dan spesi. Karena jika memang iya, maka Anda harus mengeluarkan anggaran lebih besar.
Karena memang dua proses tersebut membutuhkan bahan-bahan lain yang harganya juga terbilang lumayan. Namun meskipun begitu ada keuntungan yang akan Anda dapat dengan adanya spesi dan coating. keuntungan itu antara lain batu alam akan terlihat lebih indah dan juga lebih tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
0821-4127-5897